Sinema Keliling di Balai Kalurahan Tamantirto

Administrator 12 Mei 2022 12:00:08 WIB

Pada hari Rabu malam tanggal 11 Mei 2022 pukul 20.00 WIB bertempat di Balai Kalurahan Tamantirto, Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Tamantirto menyelenggarakan kegiatan sinema keliling/pemutaran film. Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan penonton yang mayoritasnya adalah Pemuda Karang Taruna se Kalurahan Tamantirto.

Kegiatan sinema keliling atau pemutaran film tersebut adalah salahsatu ajang promosi, edukasi dan ekshibisi atau mempertemukan film-film produksi Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kepada masyarakat umum. Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah memproduksi Film dari kompetisi Pendanaan Film, dari hasil tersebut selain hasilnya bagus karena melalui beberapa proses dan juga banyak yang berprestasi baik secara Nasional maupun Internasional.

Pemutaran kali ini menampilkan film pendek/ short movie terbaiknya dengan judul ‘Sing Penting Yakin’ dan ‘Hibob’ , Film pendek pertama yang diputar adalah ‘Sing Penting Yakin’, film yang menceritakan seorang pemuda yang tidak lulus bangku SMA dari Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul yang di paksa untuk bisa berbahasa inggris di karenakan ada tamu wisatawan dari manca negara yang datang ke desa tersebut untuk berwisata lalu pemuda tersebut belajar secara otodidak, dan pada akhirnya pemuda tersebut menjadi seorang pemandu wisata.

Pada film pendek kedua yang diputar berjudul ‘Hibob’, menceritakan tentang, 3 orang pelajar sedang belajar bahasa jawa dengan metode belajar menggunakan musik hip-hop yang mencampurkan musik Amerika dengan menggabungkan budaya khas jawa yang kental. Film tersebut bertujuan mengedukasi para pemuda agar tidak meninggalkan Budaya Jawa, karena pada masa kini para pemuda khususnya di daerah Jawa telah kehilangan jati dirinya dan bisa disebut "WONG JOWO ILANG JOWO NE".

Selanjutnya pada sesi diskusi, terlihat antusiasme penonton dalam menyaksikan film tersebut, hal ini nampak jelas ketika sesi tersebut, dengan menampilkan narasumber, yaitu sang sutradara sendiri, Alexander Sinaga yang juga seorang vokalis dari grup Hip-Hop ‘D.P.M.B’ juga telah menyutradarai dari berbagai film seperti, ‘It's Wijilan’,’Musa’, ‘Start Form Scratch’, dan lain-lain.  Untuk mengupas tuntas film atau bedah film tersebut, banyak dari penonton yang melontarkan pertanyaan dan bahkan mereka ingin belajar banyak tentang film, seperti proses produksi, lama produksi, pendalaman karakter dan yang lain-lain.

Pada kesempatan itu juga Pemerintah Kalurahan Tamantirto yang dalam hal ini diwakili olehTata Laksana Kalurahan Tamantirto, Sapta Marwan, ST mengungkapkan banyak terima kasih kepada Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atas fasilitasi hiburan dari pemutaran film tersebut, selain itu mereka berharap dikemudian hari dilakukan pemutaran film atau fasilitasi yang lain.

Komentar atas Sinema Keliling di Balai Kalurahan Tamantirto

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License