Fasilitasi Adat Tradisi (Tetebah) Dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul

Administrator 01 Desember 2021 11:22:12 WIB

Selain menjadi warisan tradisi adat jawa yang sangat dibanggakan, khususnya wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta masih kental memegang tradisi, salah satunya tetebah ialah tradisi selamatan rumah baru. Tradisi ini dilakukan ketika pemilik rumah akan menempati rumah yang baru selesai dibangun atau dibelinya. Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang mereka peroleh.

Prosesi selamatan ini dimulai dengan mengundang keluarga besar dan tetangga sekitar, biasanya satu padukuhan. Setelah tamu undangan hadir, uba rampe berupa nasi gurih beserta pelengkapnya diletakkan di tengah undangan, kemudian didoakan. Setelahnya dibagi untuk dimakan bersama-sama.

Bagi masyarakat untuk adat jawa momentum pindah rumah baru masih dianggap sebagai saat yang sakral. Sebagai penanda awal sekaligus pengharapan agar diberikan keselamatan dalam menghuni rumah, maka dilakukan tradisi tetebah. Ritual tetebah yang lengkap biasanya diawali dengan orang memegang sapu lidi untuk menyapu, dan satu orang lagi memegang lampu minyak dan tempat air. Dua orang ini akan berdoa terlebih dahulu di depan rumah dan setelah berdoa, kemudian mereka mengitari rumah dengan menyapu dan menyirami sekeliling rumah dengan air. Prosesi tersebut bermakna agar rumah menjadi adem (nyaman) dan tenteram. Sapu lidi dan kegiatan menyapu agar semua kotoran bersih, baik kotoran fisik maupun non fisik. Sedangkan lampu berarti agar mendapat pencerahan dalam hidupnya. Tradisi ini dilaksanakan dengan memperhitungkan hari baik sesuai pertanggalan Jawa. Tradisi yang masih dilakukan di masyarakat harus dilestarikan agar kita tidak kehilangan identitas kita.Dalam hal ini terselenggara dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul untuk Fasilitasi Adat Tradisi.

Komentar atas Fasilitasi Adat Tradisi (Tetebah) Dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License