PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS RELAWAN FORUM PENGURANGAN RESIKO BENCANA (FPRB) KALURAHAN TAMANTIRTO

Administrator 01 November 2021 11:16:23 WIB

Pada hari Sabtu Malam tanggal 30 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB, Pemerintah Kalurahan Tamantirto bersama Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) Kalurahan Tamantirto mengadakan Pelatihan serta Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Relawan FPRB dalam   Penanganan Penderita pada keGawat Daruratan (PPGD) dan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta yang sebagian besar adalah relawan FPRB Kalurahan Tamantirto juga dihadiri oleh jajaran perangkat Kalurahan/Pamong Kalurahan.

 Pelatihan ini diampu oleh 3 petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bantul yang terdiri dari 1 narasumber pemateri dan 2 asisten. Dalam penyampaian materi selain diputarkan atau ditayangkan video tentang tata cara dalam penanganan pertolongan pertama penderita pada beberapa jenis kegawat daruratan seperti penanganan pada luka bakar, korban bencana alam, korban kecelakaan, korban patah tulang, korban tenggelam, dan lain-lain, juga dijelaskan secara detail lewat praktek bedah kasus yang dilakukan oleh Ibu Nuraya Nur Cahyati selaku narasumber pemateri dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bantul.

Dalam acara pelatihan tersebut, peserta antusias dengan mengajukan pertanyaan dengan narasumber pemateri terkait dengan penanganan pertama pada korban kecelakaan dan korban yang mengalami serangan jantung mendadak, yang dijawab oleh narasumber pemateri dengan detail dan dapat dimengerti melalui praktek bedah kasus.

Semoga dalam pelatihan ini dapat bermanfaat dan dapat diimplementasikan saat penanganan pertama terhadap korban pada beberapa jenis kegawat daruratan, yang memang penanganannya berbeda-beda dan bersifat situasional, demikian penutup kesimpulan yang dituturkan oleh narasumber pemateri.

Komentar atas PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS RELAWAN FORUM PENGURANGAN RESIKO BENCANA (FPRB) KALURAHAN TAMANTIRTO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License