Legenda Kyai Pancoh/Kyai Panco Sedewo

Administrator 02 Juli 2021 13:25:21 WIB

Legenda Kyai Pancoh/Kyai Panco Sedewo

Konon Kyai Pancoh ini datang dan menetap di Alas ketoyan bagai orang biasa hidup seperti halnya warga lainya cuma ada pola hidup yang “nyleneh” yaitu kalo angon itik tidak kesawah atau tempat-tempat air lainya namun malah digunung Sempu yang sekarang masuk wilayah pedukuhan Kasihan dan cerita itu dulu dibuktikan dengan banyak tapak kaki itik di bebatuan yg ada dipegunungan tersebut, tidak itu saja tapi Kyai Pancoh pasang kincir untuk mencari ikan tapi ditaruh diatas pohon kelapa dan masih banyak lagi hal-hal aneh yg membuat warga terheran-heran siaapa sih sosok Kyai Pancoh ini.

Kesaktian Kyai Pancoh Ini sampai terdengar ke kraton Metaram. Maka saat kraton punya permasalahan dengan salah satu Demang yang membangkang yang ternyata satu perguruan dengan Kyai Pancoh maka Kyai Pancoh diperintah sang raja untuk menyelesaikanya. Dan makam Kyai Pancoh dan kedua putra-putrinya yaitu Kyai Jomenduro dan Widowati ada dimakam Bibis, mojo,dan dul Sumber yaitu dikaki Gunung Sempu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Lagu Indonesia Raya

Facebook

https://www.facebook.com/settings?tab=account§ion=email

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License