Sekolah Ketrampilan Tamantirto, Melestarikan Budaya Tidak Hanya Sekedar Wacana

Administrator 02 Juli 2021 13:24:14 WIB

Sekolah Ketrampilan Tamantirto,Melestarikan Budaya Tidak Hanya Sekedar Wacana

Sekolah Ketrampilan Tamantirto yang kemudian disebut SKT adalah salah satu kegiatan sosial yang akan dilaksanakan di BUMDes Unit Randukuning Pedukuhan Brajan Kalurahan Tamantirto. Kegiatan tersebut dilaksanakan sore hari dengan permulaan kelas awal berupa kelas Tari, kelas Aksara Jawa, kelas Fotografi, dan kelas Videografi.

Konsep dasar dari kegiatan ini kurang lebih sesuai dengan tagline berupa “Tidak harus miskin untuk bisa sekolah gratis”. Kegiatan ini memberikan ruang dan kesempatan bagi warga maupun masyarakat sekitar yang memiliki keinginan untuk belajar. Sasaran kegiatan ini adalah generasi muda warga Kalurahan Tamantirto dan mahasiswa/i di kampus sekitar.

Nantinya para peserta didik akan diikat 2 semester sebagai komitmen bersama proses belajar di SKT. Sedangkan kelas awal minimal akan diadakan satu minggu sekali untuk masing-masing kelasnya. Untuk menjaga kegiatan bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama, pengelola menerapkan kebijakan kotak apresiasi kepada mentor yang akan diisi seiklasnya oleh para siswa setiap ada kelas. Kotak tersebut nantinya diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing mentor.

Mentor sendiri merupakan potensi wilayah maupun umum yang bersedia berbagi ilmu dan kemampuannya untuk siswa SKT secara sukarela. Sistem semacam ini apakah akan berjalan konsisten dalam waktu yang lama merupakan tantangan pengelola kedepannya.

Melahirkan lulusan SKT yang memiliki kemampuan fasih menulis aksara jawa, tari, fotografi, videografi, dsb adalah harapan dari pengelola SKT.

Komentar atas Sekolah Ketrampilan Tamantirto, Melestarikan Budaya Tidak Hanya Sekedar Wacana

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License