Bimtek Pendataan SDGs Desa Tahun 2021 Kalurahan Tamantirto

Administrator 27 April 2021 10:17:46 WIB

TamantirtoSID- Kalurahan Tamantirto pada hari Senin (26/04/2021) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Hari pertama Relawan Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals/Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Desa yaitu pedukuhan geblagan, gatak, ngebel dan jetis. Bimtek dilakukan di Aula Balai Kalurahan Tamantirto dengan menerapkan protokol kesehatan pencagahan penyebaran Covid-19. Hadir dalam bimtek ini adalah Lurah Tamantirto, Pendamping Desa, serta Relawan Pendataan SDGs Desa.

Bimtek diawali oleh sambutan Lurah Tamantirto, Wisnu Ardi. menyampaikan terimakasih kepada relawan yang telah hadir, karena sukses tidaknya pendataan ditentukan oleh bimtek yang diperoleh sebagai bekal relawan dalam melakukan pendataan. Sumber dana dari program ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan (APB Kalurahan) Tahun 2021. Masing-masing relawan akan dibekali oleh alat kerja berupa kuisioner pendataan selama bertugas. Sebagai mitra, terdapat Pendamping Desa, Babhinkamtibmas, dan Babinsa yang akan bersinergi dengan relawan dalam bertugas.

Secara umum, Pokja Relawan pendataan SDGs Desa bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pada level Kalurahan, level Rukun Tetangga, level keluarga, dan level warga. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai kaidah SDGs Desa, kemudian merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.

Acara dilanjutkan dengan bimtek yang diisi oleh Dirga Winarko selaku Pendamping Desa yang menyampaikan materi. Relawan dibekali oleh Aplikasi SDGs Desa yang dapat diakses menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Peserta bimtek mengoperasikan aplikasi tersebut didampingi langsung oleh Pendamping Desa dan Admin Kalurahan.

Adapun poin yang didata dalam aplikasi tersebut berupa survey individu, survey keluarga, survey Rukun Tetangga yang diinput oleh relawan pendataan SDGs. Sedangkan Admin SDGs bertugas mengelola dashboard aplikasi SDGs Desa, memantau data dari relawan, serta melakukan survey desa.

Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. Hasil pendataan akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing padukuhan, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan padukuhan sehingga pembangunan Desa dapat merata.

 

Mari saling berbagi informasi di wilayah Kalurahan Tamantirto. Sampaikan informasi kegiatan yang akan maupun sedang berlangsung ke tim media desa melalui Nomor WA 0878-2000-0382. Follow Akun resmi Media Desa di : IG @Kalurahan_tamantirto, FB Kalurahan Tamantirto, Youtube Kalurahan Tamantirto, dan WEB Tamantirto.bantulkab.go.id

Komentar atas Bimtek Pendataan SDGs Desa Tahun 2021 Kalurahan Tamantirto

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License