Sosialisasi Program PTSL BPN Kabupaten Bantul Tahun 2020

Administrator 25 Februari 2020 17:51:22 WIB

TamantirtoSID- Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan pemerintah melalui kementerian Badan Pertanahan Nasional (BPN) sudah dimulai. Hal tersebut ditandai dengan adanya kegiatan pelantikan, sosialisasi, dan penyuluhan yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Bantul, Senin (24/02/2020).

Pemerintah Desa Tamantirto selaku salah satu komponen utama dalam pelaksanaan program tersebut telah merangkum point-point penting berkaitan dengan kelancaran program PTSL sebagai berikut:

1. PTSL sudah dibiayai oleh negara.

2. Apabila dirasa kurang, bisa ditambah berdasarkan kesepakatan bersama dengan payung hukum SKB 3 Menteri dan Peraturan Bupati Bantul No. 75 Tahun 2017.

3. Tidak diperbolehkan memanipulasi data, baik dari pemohon maupun di bagian administrasi.

Selain itu, Kapolres Bantul menambahkan dalam menjalankan program PTSL ini untuk tidak melakukan pungutan liar dan menekan agar program tersebut berjalan sesuai peraturan yang berlaku.

Lebih lanjut, berikut adalah point penting yang berkaitan dengan pelaksanaan program PTSL :

1. Proses PTSL antara data fisik dan data yuridis harus sama dan selaras.

2. Jika ada ahli waris yang tidak diketahui keberadaannya, harus melalui putusan pengadilan.

3. Jika ahli waris/pewaris ada yang sudah meninggal sebelum tahun 2011, cukup melampirkan surat keterangan kematian dari Desa. Namun jika meninggal setelah tahun 2011, harus melampirkan akta kematian.

Demikian adalah informasi seputar program PTSL dari pemerintah yang dirangkum oleh Media Desa Tamantirto (MEDTA). Semoga dapat bermanfaat untuk warga dan dapat terlaksana dengan baik.

Ayo saling berbagi informasi positif demi kemajuan bersama. Ikuti media desa di WEB Desa Tamantirto, halaman facebook Desa Tamantirto, dan instagram @desa_tamantirto. Simpan nomor SIDtm yang dapat dihubungi via whatsapp di 08-78-78-57-57-30

 

Penulis : Wartawan Desa

Informan : Lurah Desa dan Staf

Pict : Desa

Komentar atas Sosialisasi Program PTSL BPN Kabupaten Bantul Tahun 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License