Ajak Karang Taruna Aktif Kembali, KKN UST Adakan Sosialisasi Kepemudaan.

Administrator 26 Januari 2020 19:52:23 WIB

TamantirtoSID- Peran aktif pemuda melalui karang taruna di tengah masyarakat sangatlah dubutuhkan dalam proses pembangunan desa. Untuk mengembalikan kembali semangat dan partisipasi pemuda dalam berbagai kegiatan ditengah masyarakat, KKN UST Pedepokan 118 menginisiasi dengan kegiatan sosialisasi kepemudaan. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Dermaga Susur Bedog, Beton, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul pada Sabtu, 25 Januari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh penggurus Karang Taruna Sub Unit DK IX Kasihan Tamantirto.
 
"Hampir sejak awal pembentukan Karang Taruna ini, peran dan keaktifan pemuda belum berjalan secara optimal. Dari sekian banyak pemuda yang ada di Dusun Kasihan, yang aktif masih dapat dihitung dengan jari. Maka dari itu saya ucapkan terimakasih banyak kepada rekan-rekan KKN UST Padepokan 118 yang sudah menagendakan kegiatan sosialisasi kepemudaan ini. Mudah-mudahan setelah sosialisasi ini, ghirah semangat pemuda akan aktif dan dapat membantu masyarakat." Ujar Linggar Setiawan selaku kepala dukuh Kasihan dalam sambutannya.
 
Sedangkan menurut Ade Ahmad selaku perwakilan penggurus Karang Taruna Sub Unit DK IX Kasihan dalam sambutannya juga menuturkan jika keberadaan kaum muda di Pedukuhan Kasihan nantinya akan menjadi generasi kedepan yang memiliki tanggungjawab peranan dalam bermasyarakat. Melihat peran pentingnya tersebut, maka karang taruna harus secara optimal msmbantu kegiatan pembangunan desa, terutama di pedukuhan Kasihan.
 
Kegiatan ini turut menghadirkan pemateri dari kalangan akademisi yang memiliki fokus dibidang kepemudaan dan desa. Mulai dari Rahmatsyah selaku ketua HMI Cabang Yogyakarta dan Yonathan Hans Lopo sebagai Peneliti PolGov Fisipol UGM. Para pemateri ini memberikan pandangan terkait berbagai permasalahan serta solusi yang harus diperankan oleh pemuda. 
 
Menurut Yonan sapaan akrab Yonathan Hans Lopo mengajak untuk pemuda dapat aktif lagi di berbagai kegiatan-kegiatan masyarakat. Terlebih sebisa mungkin bisa masuk dan berperan langsung di pemerintahan desa.  Dari pengalaman-pengalaman yang dia dapat, ketika pemuda terlibat di pemerintahan maupun lembaga desa, mereka dapat menunjang pembangunan di desa. 
 
Dengan adanya kegiatan ini, ketua kelompok KKN UST padepokan 118, Imammudin berharap nantinya akan memberikan pandangan kedepan kepada karang taruna sub unit DK IX Kasihan. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini akan menjadi gerbang awal untuk pemuda aktif kembali berpatisipasi dalam pembangunan desa.
 
Ayo saling berbagi informasi positif demi kemajuan bersama. Ikuti media desa di WEB Desa Tamantirto, halaman facebook Desa Tamantirto, dan instagram @desa_tamantirto. Simpan nomor SIDtm yang dapat dihubungi via whatsapp di 08-78-78-57-57-30
 
Penulis : Ade
Pict : Ade

Komentar atas Ajak Karang Taruna Aktif Kembali, KKN UST Adakan Sosialisasi Kepemudaan.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License