Forum Majelis Maiyah Mocopat Syafa'at di Desa Tamantirto

Administrator 27 Juni 2019 05:12:35 WIB

TamantirtoSID-Forum majelis maiyah mocopat syafaat kembali digelar pada bulan ini. Agenda rutin yang setiap bulan diadakan pada tanggal 17 di TK IT Alhamdulillah Tamantirto langsung di pantik oleh Emha Ainun Najib dan selalu didampingi grub musik Kiai Kanjeng.  Ribuan jamaah sudah memadati setiap sudut halaman TK.  Pengajian yang dimulai sejak senin malam pukul 20.00 hingga selasa pukul 03.30.

Cak Nun sapaan akrab Emha Ainun Najib bersama Kiai Kanjeng mengawali forum maiyah dengan membawakan lagu perahu retak dan rindu wajahmu yang syairnya menjadi tema diskusi forum maiyah. Selesai menyanyikan dua lagu tersebut,  Cak Nun memberikan enam pertanyaan yang nantinya akan didiskusikan dan dipresentasikan oleh para jamaah maiyah.

“perahu,  kenapa bukan kapal atau bahtera?,  perahu retak,  apanya yang retak?,  menyusuri gelombang,  seberapa dasyat gelombang?  maksut rakyat menyusuri lautan?  terakhir apa perbedaan rakyat Indonesia dengan rakyat pada zaman dahulu-dahulu?”  ungkap Cak Nun memberikan pertanyaan kepada jamaah.

Presentasi dari jamaah maiyah sebagian besar merespon bahwa pertanyaan tersebut menjadi realitas kondisi bangsa hari ini.  Bangsa Indonesia sekarang seperti perahu yang sedang retak dan terombang-ambing ditengah dasyatnya gelombang lautan.

Mocopat Syafaat bulan ini juga datangi oleh K.H Muzamil,  Mustofa W.  Hasyim,  Sabrang Letto,  Mas Yanto.  Disela-sela forum,  mereka juga memberikan beberapa argumentasi yang dapat menambah khasanah keilmuan bagi Indonesia.  Mas Yanto sendiri mengajak jamaah untuk dapat menemukan masalah atau problem paling genting yang sedang dihadapi agara dapat kembali kedalam kehidupan sejati.

Puncak acara,  Mustofa W.  Hasyim membacakan sebuah puisi karangannya dan diakhiri dengan sholawatan bersama Kiai Kanjeng.

Ayo saling berbagi informasi positif demi kemajuan bersama. Ikuti media desa di WEB Desa Tamantirto, halaman facebook Desa Tamantirto, dan instagram @desa_tamantirto. Simpan nomor SIDtm yang dapat dihubungi via whatsapp di nomor 0859-5071-0832

Penulis: Ade SIDtm

Komentar atas Forum Majelis Maiyah Mocopat Syafa'at di Desa Tamantirto

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License