Jembatan Gangin, Kapan Diperbaiki?

Administrator 14 Mei 2019 09:17:25 WIB

TamantirtoSID- Badai cempaka yang menerjang wilayah Bantul dan sekitarnya pada tahun 2017 lalu menyebabkan berbagai fasilitas umum mengalami kerusakan. Salah satunya adalah jembatan Gangin di Jalan Raya Bibis, Gangin Tamantirto, Kasihan, Bantul. Jembatan Gangin mengalami kerusakan cukup parah sehingga memutus akses jalan antara Desa Tamantirto dan Desa Bangunjiwo.

Atas peristiwa tersebut, pemerintah Desa Tamantirto dan Desa Bangunjiwo bergerak cepat untuk meminimalisir efek kerugian masyarakat dari rusaknya jembatan Gangin. Pembangunan jembatan darurat pasca bencana dilakukan dengan melibatkan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa di Kecamatan Kasihan. Selain itu, berbagai elemen masyarakat turut serta dalam proses pembuatan jembatan darurat.

Selanjutnya, jembatan darurat yang dibangun tersebut dirasa kurang maksimal karena tingginya mobilitas masyarakat setempat. Sedangkan untuk membangun ulang jembatan Gangin pada saat itu masih terkendala oleh terbatasnya anggaran karena titik kerusakan yang disebabkan oleh Badai Cempaka cukup banyak di wilayah Bantul. Menyikapi hal itu, Pemerintah setempat terus mencari solusi atas permasalahan yang ada. Hasilnya, melalui kerjasama yang terjalin dengan berbagai pihak, pada September 2018 pemerintah kabupaten (Pemkab) meminjamkan jembatan bailey dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) DIY.

Lalu, kapan jembatan Gangin dibangun ulang?

Dilansir dari laman resmi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Yogyakarta, Pemkab Bantul sudah menyiapkan anggaran sekitar 2 Milyar untuk membangun kembali jembatan Gangin. Proses pembangunan tersebut menurut Eko Budi Santoso Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul sudah dalam tahap penyusunan dokumen untuk dimasukan ke proyek pembangunan jembatan dalam lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Menurut Eko, pihaknya menargetkan akhir tahun 2019 ini pembangunan jembatan permanen Gangin sudah dilaksanakan. Jembatan Gangin nantinya akan dibangun di tempat semula dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar 7 meter serta mampu menahan beban lebih dari 10 ton.

Sebagai tambahan informasi bagi masyarakat, berikut disampaikan daftar fasilitas umum yang pengerjaannya akan dilaksanakan tahun ini :

  • Gangin (Kecamatan Kasihan)
  • Jarakan (Kecamatan Sewon)
  • Mangir (Kecamatan Pajangan)
  • Wunut (Kecamatan Imogiri)
  • Nambangan (Kecamatan Pundong).

Mari saling berbagi informasi positif demi kemajuan bersama. Ikuti media desa di WEB Desa Tamantirto, halaman facebook Desa Tamantirto, dan instagram @desa_tamantirto.

Komentar atas Jembatan Gangin, Kapan Diperbaiki?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License