Pelatihan Water Rescue dalam Rangka HKBN

Administrator 29 April 2019 09:30:19 WIB

TamantirtoSID- Sabtu, 27 April 2019- Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Pemerintah Desa Tamantirto melalui Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) mengadakan pelatihan Water Rescue di Randu Kuning yang berdekatan dengan Sungai Bedhog. Water Rescue adalah kegiatan pertolongan dan penyelamatan serta cara pemindahan korban kecelakaan perairan, seperti kolam, sungai, dan laut.

Selaku pelaksana kegiatan, FPRB menghadirkan TIM SAR Parangtritis Bantul sebagai narasumber kegiatan. Selain itu, kegiatan dihadiri oleh perwakilan Desa Tamantirto, BPD, Bhabinkamtibnas, PKK, Jaga Warga, Karangtaruna, dan masyarakat sekitar. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi pelatihan oleh TIM SAR. Materi tersebut antara lain pengenalan alat-alat pertolongan kecelakaan air, tata cara menolong korban kecelakaan air, dan berbagi pengalaman dalam meminimalisir risiko kecelakaan air. Selepas penyampaian materi, peserta langsung diajak menuju Sungai Bedhog guna mempraktekan materi yang disampaikan dengan didampingi oleh FPRB dan TIM SAR. Peserta sangat antusias melaksanakan setiap tahap kegiatan secara bergiliran.

Menurut Yuniardi selaku ketua FPRB Desa Tamantirto, kegiatan semacam ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas penanganan kecelakaan air.

"Yang jelas, kita akan terlatih dan tidak mudah panik jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan air maupun harus menolong korban kecelakaan air", tuturnya.

Selain itu, harapan kedepan FPRB dapat semakin aktif untuk membuat kegiatan-kegiatan positif yang mengedukasi masyarakat semacam ini sehingga masyarakat selalu siap dan sigap dalam kaitannya dengan pengurangan risiko kebencanaan.

Komentar atas Pelatihan Water Rescue dalam Rangka HKBN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License