Umbul Donga Ambal Warsa Gonjen RT 01 Kaping 45

Administrator 16 Juli 2024 11:13:32 WIB

Tamantirto SID--Pada hari Senin, 15 Juli 2024, telah dilaksanakan kegiatan Ambal Warsa Gonjen RT 01 Kaping 45. Kegiatan ini turut mengundang Lurah Tamantirto, Dukuh Gonjen, Ketua RT se-Padukuhan Gonjen, dan dihadiri oleh seluruh warga masyarakat Gonjen RT 01. Tradisi adat ini dilakukan secara rutin setiap tahun dan telah berlangsung turun-temurun, dengan para peserta mengenakan pakaian adat Jawa sebagai simbol budaya Jawa.

Acara dimulai dengan gelar do’a bersama (Umbul Donga) yang dipimpin oleh Bapak Ustadz Sukirman dari Menayu Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Setelah doa bersama, acara dilanjutkan dengan kembul bujana atau makan bersama. Kembul bujana ini dimaknai sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Seluruh peserta duduk lesehan dan menikmati hidangan bersama sebagai simbol kesetaraan manusia di hadapan Tuhan. Hidangan yang disajikan juga memiliki makna filosofis yang mendalam.

Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi ini antara lain mempererat rasa persaudaraan dan gotong-royong dalam menyiapkan segala kebutuhan acara. Dalam penyelenggaraan acara tradisional Jawa, nasi tumpeng selalu menjadi bagian yang erat kaitannya. Nasi yang dibentuk menyerupai kerucut ini melambangkan hubungan manusia dengan Sang Pencipta dan simbol proses kehidupan manusia yang diharapkan selalu naik menuju puncak. Hidangan pendamping lainnya termasuk nasi gurih, ingkung (ayam kampung utuh), lalapan, buah-buahan, dan lain-lain yang kemudian disantap bersama.

Acara ditutup dengan kembul bujana, di mana seluruh peserta menikmati hidangan bersama dengan penuh kebersamaan dan rasa syukur.

Komentar atas Umbul Donga Ambal Warsa Gonjen RT 01 Kaping 45

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License