Ambal Warsa Gonjen RT.01 Kaping 44

Administrator 02 Agustus 2023 19:22:03 WIB

Tamantirto SID --- Pada hari Kamis tanggal 27 Juli 2023 bertepatan tanggal 10 Muharram 1445 H atau dalam Penanggalan Jawa 10 Sura 1957 Ehe pukul 20.00 WIB bertempat di Padukuhan Gonjen RT.01, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul digelar adat tradisi Umbul Donga Ambal Warsa Gonjen RT.01 Kaping-44 ( Doa Bersama Memperingati Hari Ulang Tahun ke 44 Dusun Gonjen RT.01) bertajuk ‘Guyub Rukun Nyawiji Ing Gemati’ ( Kerukunan Saling gotong royong saling bantu membantu dan perhatian sesama warga). Turut mengundang dalam kegiatan tersebut Dukuh Gonjen, Ketua RT se Padukuhan Gonjen dan tentunya dihadiri segenap warga setempat yaitu warga masyarakat Gonjen RT.01. Kegiatan adat tradisi tersebut dilaksanakan rutin setiap tahun secara turun temurun oleh warga setempat, dengan memakai pakaian adat jawa sebagai simbol adat Budaya Jawa.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan gelar do’a bersama (Umbul Donga) yang dipimpin oleh Bapak Ustadz Sukirman dari Menayu Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Setelah umbul donga dilanjutkan dengan kembul bujana / makan bersama. Kembul bujana dimaknai sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME. Bersama-sama duduk lesehan menikmati hidangan sebagai simbol bahwa setiap manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan Tuhan. Begitu pula dengan hidangannya, masing-masing memiliki makna filosofis. Sementara nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi ini yaitu memperat rasa persaudaraan, gotong-royong untuk menyiapkan segala kebutuhan acara serta memberi sedekah makanan untuk warga sekitar yang kurang mampu. Dalam penyelenggaraan suatu acara tradisional Jawa erat kaitannya dengan nasi tumpeng. Nasi yang dibentuk menyerupai kerucut ini dimaknai hubungan manusia menuju sang pencipta, juga sebagai simbol proses kehidupan manusia yang diharapkan selalu naik menuju puncak. Uba-rampe lainnya adalah nasi gurih, ingkung (ayam kampung utuh), lalapan, buah-buahan dan lain-lainnya yang selanjutnya akan disantap bersama.

Menandai puncak acara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh sesepuh setempat atau tamu kehormatan. Sendangkan sebagai penutup acara adalah Kembul bujana, seluruh hadirin menyantap hidangan yang disajikan dalam pincuk dari daun pisang atau kertas. Ada pula yang dihidangkan menggunakan besek yang terbuat dari ayaman bambu.

 

#AdatTradisi  #UmbulDonga  #Pengetan  #Tumpengan  #PadukuhanGonjen

Komentar atas Ambal Warsa Gonjen RT.01 Kaping 44

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License