PERESMIAN POSBINDU PTM POSYANDU REMAJA PADUKUHAN GEBLAGAN

Administrator 01 Juni 2023 17:29:12 WIB

Tamantirto SID --- Pada hari Minggu pagi tanggal 28 Mei 2023 pukul 08.00 WIB bertempat di Kediaman Bapak Dukuh DK.I Geblagan, Tlogo RT.06 DK.I Geblagan, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, digelar Peresmian Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM). Pada kegiatan kali ini dihadiri oleh  Bapak Dinasti Pudang Binoriang, M. Kep., Ns., Sp. Kep.Kom dan Ibu Ema Waliyanti, S.Kep, Ns., MPH dari Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) beserta Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ibu Dwi Yati, S.Kep, Ns, M.Kep dari Dosen Keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJANI), Kepala Puskesmas 01 Kasihan yang diwakili oleh Dokter Ira, Kamituwa Kalurahan Tamantirto, Bapak Sigit Rahmatulah, Dukuh DK.I Geblagan, Bapak Santoso, Ketua RT se Padukuhan Geblagan, Kader Posyandu Padukuhan Geblagan, Kader Posyandu Remaja ‘SIGAP’ Padukuhan Geblagan dan warga masyarakat sekitar.

iconwin

deposit pulsa 5000 tanpa potongan

bonus 100%

Pada sesi pertama diawali dengan Registrasi Peserta POSBINDU dan Remaja yang dilakukkan oleh kader, sesi kedua dilaksanakan kegiatan Senam Sehat bersama, sesi ketiga Tilawah oleh Sita dari Mahasiswa UMY, sesi keempat pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kamituwa Kalurahan Tamantirto yang selanjutnya diberikan kepada Dukuh Geblagan, sesi kelima Penandatanganan berita acara peresmian POSBINDU dan Remaja oleh Ketua Posyandu Remaja, Ketua POSBINDU, Perwakilan Kepala Puskesmas 01 Kasihan, Dukuh Geblagan, Kamituwa Kalurahan Tamantirto, Bapak Dinasti Pudang Binoriang, M. Kep., Ns., Sp. Kep.Kom dan Ibu Ema Waliyanti, S.Kep, Ns., MPH, sesi keenam Simbolis penyerahan plang POSBINDU PTM & Posbindu remaja oleh Bapak Pudang dan Ibu Ema,   sesi ketujuh sambutan dari Kamituwa Kalurahan Tamantirto, Dukuh Geblagan dan Perwakilan dari Puskesmas 01 Kasihan, sesi kedelapan Penutupan launching POSBINDU,  setelah penutupan dilaksanakan kegiatan Pemeriksaan kesehatan & edukasi + doorprize undian oleh Kader POSBINDU dan Remaja, Edukasi Kesehatan Reproduksi oleh Ibu Dwi Yati, S.Kep, Ns, M.Kep dari Dosen Keperawatan UNJANI.

POSBINDU PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Pelaksanaan Posbindu PTM dilakukan oleh kader kesehatan yang  telah ada atau beberapa orang dari masing-masing kelompok/organisasi/lembaga/tempat kerja yang bersedia menyelenggarakan posbindu PTM, yang dilatih secara khusus, dibina atau difasilitasi untuk melakukan pemantauan faktor risiko PTM di masing-masing kelompok atau organisasinya. Kegiatan peresmian ini adalah merupakan bentuk tindaklanjut dari Pembentukkan Kader POSBINDU – PTM yang dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2023 di tempat yang sama.

 

#Peresmian  #PosbinduPTM  #PadukuhanGeblagan  #KalurahanTamantirto

Komentar atas PERESMIAN POSBINDU PTM POSYANDU REMAJA PADUKUHAN GEBLAGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License