Pembentukan Kader POSBINDU - PTM di Padukuhan Geblagan

Administrator 19 Maret 2023 18:08:11 WIB

Tamantirto SID --- Pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2023 pukul 15.00 WIB bertempat di Kediaman Dukuh Geblagan, Bapak Santoso, Tlogo RT.06 DK.I Geblagan, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul dilaksanakan Pembentukkan Kader Pelayanan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM) di Wilayah Padukuhan Geblagan. Kegiatan itu diikuti oleh Dukuh Geblagan, Ketua RT se Padukuhan Geblagan, calon kader dan lain-lain.  Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Dinasti Pudang Binoriang, M. Kep., Ns., Sp. Kep.Kom dan Ibu Ema Waliyanti, S.Kep, Ns., MPH dari Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga Ibu Tiwi Sudiyasih S.Kep, Ns., M.Kep dari Dosen Ilmu Keperawatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA)

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Pelaksanaan Posbindu PTM dilakukan oleh kader kesehatan yang  telah ada atau beberapa orang dari masing-masing kelompok/organisasi/lembaga/tempat kerja yang bersedia menyelenggarakan posbindu PTM, yang dilatih secara khusus, dibina atau difasilitasi untuk melakukan pemantauan faktor risiko PTM di masing-masing kelompok atau organisasinya.

 

#PosbinduPTM  #PadukuhanGeblagan  #KalurahanTamantirto

Komentar atas Pembentukan Kader POSBINDU - PTM di Padukuhan Geblagan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License