Adat Tradisi Nyadran Warga Jetis Sawahan Padukuhan Jadan

Administrator 13 Maret 2023 09:29:58 WIB

Tamantirto -- Pada hari Minggu tanggal 12 Maret 2023 pukul 19.30 WIB sehabis Shalat Isya bertempat di Pemakaman/Pasarean Jetis Sawahan Padukuhan DK.VI Jadan, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul menggelar Adat Tradisi Nyadran dan Do’a Bersama. Kegiatan tersebut diikuti oleh warga masyarakat Kampung Jetis Sawahan yang terdiri dari 2 Rukun Tetangga (RT), RT.05 dan RT.06. Tradisi ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan turun temurun Jelang Bulan Ramadhan di Bulan Sya’ban (dalam Penanggalan Jawa disebut Sasi Ruwah). 

Nyadran merupakan salah satu tradisi yang masih lekat dalam kehidupan masyarakat Jawa. Nyadran berasal dari bahasa Sansekerta “Sraddha”yang artinya keyakinan. Tradisi Nyadran merupakan suatu budaya mendoakan leluhur yang sudah meninggal dan seiring berjalannya waktu mengalami proses perkembangan budaya sehingga menjadi adat dan tradisi yang memuat berbagai macam seni budaya. Nyadran dikenal juga dengan nama Ruwahan, karena dilakukan pada bulan Ruwah. Tradisi Nyadran berdasarkan sejarahnya merupakan suatu akulturasi budaya jawa dengan Islam.

 

#TradisiNyadran  #KampungJetisSawahan  #PadukuhanJadan  #KalurahanTamantirto

Komentar atas Adat Tradisi Nyadran Warga Jetis Sawahan Padukuhan Jadan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License