Desa Sadar Klitih

Administrator 15 November 2022 10:33:19 WIB

Tamantirto, 13 November 2022 Pukul 09.00 WIB bertempat di Bumkal Randu Kuning.Belakangan, kita kerap kali dihadapkan pada pemberitaan mengenai aksi klitih yang dilakukan oleh kelompok remaja usia sekolah menengah. Masifnya tindakan kekerasan jalanan ini rupanya telah menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Tingginya kasus klitih bahkan juga berdampak pada citra Yogyakarta sebagai kota pelajar dan Kota Berhati Nyaman.

Pada awal diskusi, menyampaikan bahwa diskusi bukan ditujukan untuk mengklitihkan klitih atau menghakimi pelaku klitih yang mayoritas anak remaja. Melainkan mengulas akar ekpresi dari tindakan tersebut. Oleh karena itu, tajuk diskusi yang dipublikasi sudah dianggap tepat untuk menelisik akar permasalahan klitih, terutama dalam pendekatan kultural. Pada pemaparannya Soehadha menyatakan bahwa tindakan klitih ditengarai muncul sebagai sub kultur atau budaya tanding. Hal itu terjadi karena remaja berada pada batas atau transisi yang mana tahap itu ditandai dengan krisis. Pada fase itu remaja memiliki emosi dan energi berlebih namun kehilangan ruang kulturalnya karena telah tergusur oleh kapitalisasi yang terjadi pada ruang sosial ekonomi masyarakat. Walhasil remaja membangun ruang kulturalnya sendiri melalui tindakan klitih sebagai wujud ekspresi.

Pada pendekatan Psikologi,memperkaya khasanah mengenai solusi mengatasi tindakan klitih yang seringkali dilakukan oleh kalangan remaja. “Remaja atau anak itu fitrahnya baik. Kalau pada kenyataannya tidak, berarti ada yang salah pada sistem didikan yang dilakukan orang tua,“Oleh karena itu, tindakan klitih sebenarnya bisa dicegah atau bahkan diatasi jika orang tua bisa lebih sadar dan respon terhadap caranya memperlakukan anak (remaja) di dalam keluarga.

Sesi akhir diskusi ditutup dengan deklarasi . Deklarasi berisi dukungan terhadap gerakan anti klitih dan upaya-upaya meminimalisir tindakan klitih guna mengembalikan marwah Yogyakarta sebagai kota berhati nyaman. Acara ini bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan Tamantirto,Mahasiswa Jurusan Psikologi dan juga Siswa SMP N 2 Kasihan,

Komentar atas Desa Sadar Klitih

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Tamantirto

Facebook

facebook.com/tamantirto.sid

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License