Sendang Kasihan dan Asal Usul Padukuhan Kasihan

Administrator 02 Juli 2021 13:26:34 WIB

Sendang Kasihan dan Asal Usul Padukuhan Kasihan

Konon, Ki Ageng Mangir merupakan putera dari Ki Ageng Bondan yang merupakan keturunan dari sisa-sisa silsilah kerajaan Majapahit. Memiliki nama panjang Raden Jaka Humbul Wonoboyo, Ki Ageng Mangir merupakan seorang sakti yang kesaktiannya sempat membuat Raja Mataram saat itu, Panembahan Senopati, ketar-ketir. 

Sehingga Panembahan Senopati mengutus putrinya Roro Pembayun untuk menggoda Ki Ageng mangir dengan menyamar jadi ledek, rombongan ledek singgah disuatu patirtan yang terletak di Alas Ketoyan yang diyakini Kijuru mertani tempat inilah yang pernah disampaikan Kanjeng Sunan Kali Jogo punya kharomah "PENGASIHAN". maka mandilah si  Roro Pembayun dipatirtan tersebut dengan harapan mudah untuk menarik hati dan perhatian Ki Ageng Mangir Wonoboyo. Lalu ki Juru Mertani memberi nama patirtan tadi dengan sebutan "Sendang Kasihan" maka nama wilayah tersebut juga digunakan sebagai nama Kalurahan Kasihan yang setelah ada penggabungan kalurahan menjadi Pedukuhan Kasihan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Lagu Indonesia Raya

Facebook

https://www.facebook.com/settings?tab=account§ion=email

Audio

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License